Selasa, 18 Oktober 2016

Cara Mudah Solusi E Faktur Bagi Pemula

Bagaimana cara menjalankan e faktur? apa saja solusi e faktur bagi pemula? Berikut solusi e faktur bagi pemula.

Solusi E Faktur Bagi Pemula

Solusi E Faktur Bagi Pemula



Solusi E Faktur Bagi Pemula



Bagaimana cara menjalankan e faktur? apa saja solusi e faktur bagi pemula? Berikut solusi e faktur bagi pemula.



Download Lengkap E SPT dan E Faktur



Download Lengkap E SPT dan E Faktur





Spesifikasi Menjalankan E Faktur



Dalam menjalankan E Faktur ada spesifikasi yang harus terpenuhi agar lancar dalam mengoperasikan e faktur. Berikut spesifikasi e faktur yang perlu:

1. Perangkat Keras:

  • Processor Dual Core
  • Minimal 2GB RAM
  • 50 GB Harddisk space
  • VGA dengan minimal resolusi layar 1024x768
  • Mouse
  • Keyboard

2. Perangkat Lunak:

  • Sistem Operasi : Mac OS / Linux / Microsoft Windows
  • Java versi 1.7
  • Adobe Reader
  • Terhubung dengan jaringan internet baik direct connection ataupun proxy.


E Faktur masih bisa dijalankan dengan spesifikasi yang lebih rendah namun proses penggunaan e faktur nanti akan lambat dan menghambat. Dan,  sistem operasi Macintosh atau Mac OS tidak dapat langsung dilakukan registrasi efaktur begitu saja. Pengguna Mac OS perlu melakukan perlakuan khusus karena berbeda dengan Microsoft windows.


Kewenangan Akses Data E Faktur



Apa saja yang perlu diketahui bagi pengguna aplikasi e faktur? Berikut Skema pengguna e faktur.

User Level 0 adalah user role administrator yang dibuat pada saat proses registrasi aplikasi efaktur

  • User level 0 hanya ada satu dengan role administrator.
  • Bisa melihat dan memproses seluruh data faktur yang ada.
  • Bisa mengubah seluruh data user yang ada.


User Level 1 adalah  user role administrator maupun user role pegawai yg ditambahkan oleh user Level 0

  • User level 1 bisa lebih dari satu baik role administrator maupun role pegawai
  • User role administrator level 1 hanya bisa melihat data-data faktur yang direkam/impor oleh     dirinya sendiri dan oleh user admin/perekam  dilevel bawahnya (level 2,3,4,dst).
  • User role pegawai level 1 hanya sebatas bisa melihat data-data faktur yang direkam/impor oleh dirinya sendiri.


User Level 2 adalah user role administrator maupun user role pegawai yang ditambahkan oleh user Level 1

  • User level 2 bisa juga lebih dari satu baik role admin maupun role perekam.
  • User role administrator level 2 hanya bisa melihat data-data faktur yang direkam/impor oleh dirinya sendiri dan oleh user admin/perekam  dilevel bawahnya (level 3,4,dst).
  • User role pegawai yg level 2 hanya bisa melihat data faktur yang direkam/impor oleh dirinya sendiri


Import Sertifikat Elektronik E Faktur



Selengkapnya baca Import Sertifikat Elektronik



Backup Database E Faktur



Selengkapnya Baca Backup Database E Faktur


Database E Faktur Hilang/Rusak Tanpa Backup



Selengkapnya Baca Database E Faktur Hilang/Rusak Tanpa backup



E Faktur Tidak Dapat Diupload



Selengkapnya Baca E Faktur Tidak Dapat Diupload



Menambah Database E Faktur



Apabila PKP banyak melakukan transaksi dalam kegiatan usahanya yang berhubungan dengan faktur pajak tentunya banyak data yang ada dalam database default e faktur. Nah, disinilah letak fungsi pembuatan database baru. Agar aplikasi e faktur yang dijalankan tidak terhambat atau loading lama ketika membuka menu-menu pada aplikasi e faktur. Berikut cara membuat database baru.

1. Buka File - Lalu Pilih Administrasi DB

menambah database e faktur

2. Isikan Nama Database - Klik Buat Database
Akan tampil informasi yaitu Database berhasil dibuat - Klik Tombol OK. Database e faktur yang dibuat akan tampil di daftar Administrasi Database.

menambah database e faktur

menambah database e faktur


menambah database e faktur


Database baru dengan nama yaitu  Database 2016 berhasil dibuat. Database siap untuk dilakukan konek ke database dan dijalankan untuk melakukan kegiatan perpajakan.



Reset Aplikasi E Faktur



Sebelum anda mereset aplikasi e faktur anda, anda harus import sertifikat digital e faktur anda ke dalam browser. Cara import sertifikat digital baca di  link Cara import sertifikat elektronik ke google chrome  (khusus untuk Google Chrome).

Login Aplikasi Enofa masukkan NPWP (tanpa tanda baca) dan Password Enofa

reset aplikasi e faktur

Pilih menu Reset Aplikasi Client

reset aplikasi e faktur


Jika muncul tampilan seperti dibawah ini pada browser, klik anvanced-Proceed to efaktur.pajak.go.id (unsafe)

reset aplikasi e faktur

Klik Reset Aplikasi

reset aplikasi e faktur


EmoticonEmoticon